Saturday, October 1, 2011

Berpikir dan Menjadi Kaya : Merubah Keinginan Menjadi Kekayaan

Alkisah, seorang komandan tempur, menghadapi situasi yang mengharuskannya menang dalam pertempuran melawan musuhnya di negeri seberang yang jumlahnya melebihi pasukannya sendiri.

Dia memuat seluruh pasukannya kedalam perahu, dan mulai berlayar ke negeri musuhnya. Sesampainya disana, dia memerintahkan menurunkan pasukan beserta peralatannya, kemudian memerintahkan untuk membakar semua perahu yang membawa mereka.

Dalam orasi sebelum memulai pertempuran, dia berkata, "Kalian melihat sendiri, bahwa semua perahu kita telah habis terbakar menjadi asap. Itu berarti, kita semua tidak dapat meninggalkan pantai ini hidup hidup, kecuali kalau kita menang !! Sekarang, kita tidak punya pilihan lagi, kita harus menang atau binasa"

Dan, akhirnya mereka memenangkan pertempuran.

Setiap orang yang menang pada tiap kompetisi atau upaya dalam mengejar sesuatu, harus bersedia membakar perahunya, dan menghapuskan kemungkinan untuk mundur. Hanya dengan berbuat seperti itu, maka orang bisa memiliki keadaan pikiran yang dikenal sebagai hasrat keinginan yang menyala-nyala untuk menang, salah satu unsur pokok untuk sukses!!

Enam langkah yang mengubah keinginan menjadi kekayaan :

1. Tentukan dalam pikiran, jumlah uang yang Anda inginkan dengan pasti. Tidak cukup hanya mengatakan "saya ingin uang banyak". Tentukan berapa rupiah jumlah uang yang Anda inginkan.

2. Tentukan dengan tepat apa yang akan Anda berikan sebagai ganti untuk uang yang Anda inginkan. Di dunia ini tidak ada makan siang cuma-cuma.

3. Tentukan kapan Anda bermaksud memiliki uang yang Anda inginkan. Tetapkan tanggalnya.

4. Ciptakan rencana yang pasti untuk melaksanakan pencapaian keinginan Anda, dan mulailah "seketika", terlepas apakah Anda siap atau tidak, untuk melaksanakan rencana itu dalam tindakan. Penundaan akan berarti "tidak pernah bertindak selamanya"

5. Tulis pernyataan dengan ringkas dan jelas, tentang jumlah uang yang ingin Anda peroleh, batas waktu perolehannya, apa yang akan Anda berikan sebagai ganti uang itu, dan rencana tindakan untuk mengumpulkan uang tersebut.

6. Bacalah pernyataan tertulis Anda keras-keras dua kali sehari : satu kali saat sebelum tidur, dan satu kali saat bangun tidur.
Lihat, rasakan, dan yakinkan diri Anda bahwa Anda sudah memiliki uang itu. Kalau Anda benar-benar menginginkan uang itu, maka keinginan itu akan menjadi obsesi, sehingga Anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam meyakinkan diri Anda bahwa Anda akan memperoleh uang itu.

Seperti yang disampaikan begawan entrepreneur Indonesia, Bob Sadino :
Modal utama seorang pengusaha bukanlah uang, melainkan modal intangible yaitu Kemauan, Kejelian melihat peluang, dan Keberanian melangkah mengejar peluang.

Pertanyaannya: Sudahkah Anda membakar perahu Anda?
Salam sukses !!

Sumber : "Berpikir dan Menjadi Kaya" oleh Napoleon Hill

No comments:

Post a Comment