Friday, March 18, 2011

2 Kunci Untuk Fokus

Ini sebenarnya adalah tema khotbah malam taun baru 2011 kmaren yg disampein ama Pak Gembalaku di GBI Jagakarsa. Smalem aku baru baca lagi ayat ini karna aku save ayatnya di MemoPad di Blackerry-ku. En kayaknya pas banget ama apa yg aku butuhkan hari2 ini, fokus. Aku cuma pengen ngebahas dikiiiiit aja ttg apa yg Ruach Hakodesh nyatain buat aku ttg 2 kunci itu.

Filipi 3:13-14
13. Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
14. dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Aku akan kasih liat dlm terjemahan2 lainnya juga yaa..

2 hal yg perlu qta lakukan utk bisa fokus dlm panggilan qta sbagai anak2 Tuhan adalah:

1. Melupakan apa yang telah di belakang.
  • Amplified Version: Forgetting what lies behind me.
  • GW: I don't look back.
  • ASV: Letting go of the past.
2. Berlari-lari pada tujuan.
  • KJV: Press on toward the mark.
  • Amplified: Press on toward the goal.
  • ISV: I keep pursuing the goal.
First of all, aku harus ngelupain apa yg ada di belakangku. Tentunya byk yg udah terjadi dlm kehidupanku slama ini. Jatuh bangun, naik turun, on off, blom lagi drama2 dlm kehidupan yg ga penting banget, fall in love, breakups, broken relationships, kebodohan2 yg terjadi, kegagalan2 yg terjadi karna kebodohanku dsb dsb. Kadang2 rasanya nyeseeeeel banget kok hal2 itu bisa aku lakuin dlm hidupku. Kalo dipikir2 what was I thinking waktu itu sampe hal2 bodoh itu bisa terjadi. Kadang2 maluuuu banget nginget smua kesalahan, kegagalan dan kekalahanku di masa lalu. Hal2 yg harusnya ga terjadi tapi terjadi karna my lack of knowledge in certain areas of life. Orang2 yg nyakitin aku, teman2 yg ninggalin aku, kejadian2 yg menyedihkan, hubungan2 yg gagal, saat2 aku opname di RS.

 But heyy, itu smua adalah masa laluku. Dan masa lalu udah berlalu. Aku harus ngelupain kenangan2 ga enak itu dan ga boleh ngeliat ke belakang lagi. Smua itu jadi pelajaran berharga buatku supaya ga diulangi lagi besok2. Aku ga bisa ngubah apa yg udah terjadi tapi aku bisa mencegah hal serupa terjadi lagi di masa kini dan masa depan. What's done is done, en masa laluku ga men-define siapa aku hari ini. Aku udah berdamai dgn Tuhan waktu aku Perjamuan Kudus, memperbaharui perjanjianku dgn Tuhan. Aku jg udah berdamai dgn diriku sendiri, mengampuni diriku sendiri dan berdamai dgn orang2 yg menyakiti aku. Dan aku ga mau nengok ke belakang lagi. Aku ngelepasin smua itu dan menanggalkan smua beban, taro di kaki salib Yesus dan move on. 

Second, aku harus memandang ke depan dan berlari2 pada tujuanku, Kerajaan Elohim. Aku tau hidup ini cuma sementara, tubuhku ini cuma kemah sementara dan bumi ini cuma rumah sementara. Eventually aku harus kembali ke rumah yg udah Tuhan sediain buatku di surga kalo smua tugas tanggung jawabku udah aku selesaikan di bumi ini. Ada bagian yg harus aku kerjain sebagai anak sulung (secara spiritual) yg udah nerima panggilan kudus utk melayani Tuhan full time dan full heart. Aku bukan lagi berjalan ke arah goal-ku, tapi udah lari terbirit-birit, berlari sekencang2nya, secepat2nya di dlm track-nya Tuhan, dgn hikmatnya Tuhan, dlm tuntunan rohnya dan nyelesaiin pertandingan ini dgn sempurna.

Aku bekerja, berbisnis, kadang2 ke mall buat jalan2 dan shopping, hang out ama temen2ku skali2, tapi pandanganku tetap tertuju pada Kerajaan, fokusku aku arahkan pada panggilan Elohim untuk melayani, menyatakan kebenaran dan membawa jiwa2 yg tersesat datang padaNya. No more time buat leyeh-leyeh dan mikirin kesenangan dunia yg cuma sementara ini. Waktu qta dihadapkan pada penghakiman Tuhan nanti, qta ga ditanya, berapa banyak tas yg qta punya, parfume apa yg qta pake, udah punya rumah ato mobil berapa, gaji berapa, pencapaian apa yg qta dapat selama hidup di bumi ini. No. Tuhan ga bakalan nanya itu. Itu smua cuma bonus2 yg qta dapetin di dunia ini karna ketaatan dan kesetiaan qta ama Tuhan.

But it's not the goal. The goal is memerintah bersama Tuhan dlm kekekalan di Kerajaan Surga. Dan itu harus dimulai dari skarang. Akhir dari sgala ssuatu udah smakin dekat, qta udah hidup di ujung dari akhir zaman dan tanda2 akhir zaman udah smakin nyata. Bencana Tsunami di Jepang adalah salah satu tanda2 akhir zaman yg ada di Matius 24. Masa tribulasi udah di depan mata dan kedatangan Yeshua Hamasiah utk yg kedua kali udah makin dekat. Ga ada waktu lagi utk main2 ama dosa. Ini saatnya utk mengarahkan pandangan qta pada goal dan berlari2 menuju goal itu.

Ini adalah saatnya utk share the Gospel, jadikan smua bangsa murid Tuhan, ajarin tubuh Hamasiah ttg Baptisan yg benar, robohkan dokrtin2 yg berasal dari manusia, ajarin mereka utk membangun relationship secara pribadi ama Tuhan dan bukan sekedar bergereja seminggu sekali, dan jadikan doa sebagai nafas kehidupan qta, sebagai gaya hidup qta sbagai orang beriman. Apapun yg Tuhan percayain qta lakuin dlm hidup ini, pekerjaan, tugas tanggung jawab, lakukan itu dgn iman sambil tetap mengarahkan pandangan qta pada Tuhan dan KerajaanNya. With the help of Holy Spirit, I can do it.

Wahhh, jadi panjang yaaa..hehehe... I guess itu yg Tuhan mau sampein melalui aku malam ini. Untuk bisa fokus pada KerajaanNya aku ga boleh lihat ke belakang lagi tapi mengarahkan pandanganku pada panggilan sebagai hambaNya dan berlari2 menuju tujuan akhir yaitu memerintah dlm kekekalan bersamaNya.

Semoga sharingku bermanfaat buat siapapun yg baca tulisanku, kapan aja dan dimana aja. :) God bless us all.

Shahlohm..

No comments:

Post a Comment